KEBUN SAYUR KELAS 5 SD ALHIKMAH

Ada pemandangan berbeda hari kamis minggu ini (6/8) di kelas 5. Ust. Irsyad yang biasanya selalu rapi dan kemana-mana membawa buku untuk mengajar, hari ini beliau memakai sandal, pake topi, celana dan lengan baju disingsingkan, dan tak lupa sebuah cangkul dipundak beliau. Dibelakangnya diiringi barisan siswa – siswi kelas lima yang tak kalah kompaknya, bersandal serta membawa bermacam-macam alat berkebun. “Ada apa ini?” tanya beberapa wali murid heran. Rupanya dalam 2 jam (13.00 – 15.00) SD Al Hikmah berubah menjadi lahan berkebun.
“Ya, hari ini memang waktunya Gardening untuk kelas 5” ujar Ust. Irsyad selaku ketua pelaksana Gardening tersebut. “Acara ini mengajak siswa – siswi kita merasakan bagai mana rasanya menjadi petani. Mulai dari menyiapkan media (lahan/tanah) pembenihan, menanam, merawat, hingga memanen dan mengolah hasil kebun nantinya” lanjut ust. Irsyad.
Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa-siswi dan ustadz dan ustadzah kelas 5. Semua bahu-membahu mempersiapkan media tanam dengan mencampur tanah dan pupuk kandang kering, menyiram air, memberi benih dan perawatannya nanti. Pada awalnya banyak siswa dan siswi merasa enggan berkotor-kotor dengan tanah dan pupuk kandang. Namun setelah diperagakan cara mengolah tanah dan memastikan semua aman oleh Ustd. Yani dan Yuni (Duo Y5), mereka tidak merasa takut dan enggan lagi untuk mencoba berkebun. “Tadinya memang jijik dan takut kotor , tapi setelah dicoba ternyata ngga apa – apa, malah asyik bisa main air sama tanah sambil belajar” ujar Fiqar siswa kelas 5A. untuk perawatannya nanti sudah terjadwal piket menyiram dan merawat bergantian perkelompok. Setiap tanaman juga diberikan nama tiap tiap kelompok. Jadi selain piket menyiram kelompok juga bertugas menjaga benih bisa tumbuh hingga siap dipanen.
“Dalam Gardening kali ini kami mengangkat tema sayur sayuran. Tema ini diambil agar tertanam kegemaran anak-anak pada sayur sayuran dengan memberikan pengalaman bercocok tanam, sehingga merekan tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi sayur sayuran” Ujar Ustd. Yuni Korjen Kelas 5.Untuk itu tanaman yang kita tanam kali ini tomat, lombok (red. cabe) sawi, terong dan bayam. “Sayang kami kehabisan benih timun, padahal ada rencana buat rujak gobet, jadi gahal deh… ha.. ha..ha..” cloteh Ustd. Muniroh pecinta rujak gobet. mudah – mudahan acara gardening kali ini bisa berjalan lebih sukses dari tahun tahun yang lalu. Insyaallah setelah lebaran nanti kelas 5 bisa Panen Raya. Mohon do’a restunya ya! (amin). Bravokelas 5.
(Iwan)
Share this post :

Posting Komentar

Unit Penunjang

www.GuruKita.com

Test Sidebar

Label: Pendidikan
Recent Posts
Widget by: Info Blog
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SDBI Al Hikmah Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger