Oktober, Siswa Kelas 6 Uji Nyali

Insya Allah, pada Oktober 2010 mendatang, anak-anak kelas 6 akan melaksanakan Presentasi Tugas Akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan komunikasi anak-anak dalam situasi formal. Mereka akan menjelaskan karya yang mereka buat kepada hadirin, yaitu orangtua, guru, dan teman-teman mereka.

Kesempatan untuk uji nyali berrbicara di depan umum seperti ini adalah pengalaman emas bagi mereka. Karena tak jarang, anak-anak mahir dan terampil berbicara dalam sitauasi nonformal, namun berubah jadi geklagapan kala berbicara di depan puluhan pasang mata. Nah, ini yang perlu dihindari. Memang, mereka masih SD, perjalanan meraup asam garam kehidupan masih panjang, namun bila pengalaman ini tak dihadirkan di depan mereka, kapan mereka akan cepat terasah keterampilannya?
Pelaksanaan Presentasi Tugas Akhir ini merupakan tahap akhir dari beberapa aktivitas yang mereka lakukan. Pertama, membuat karya sederhana, misalnya alat penguji konsentrasi, roket air, miniatur jembatan, dan lain-lain. Kedua, melaporkan kegiatan yang mereka lakukan melalui karya tulis. Dan ketiga, membuat pesiapan presentasi, yaitu menyusun power point, serta berlatih presentasi. Dan akhirnya, mereka siap memaparkan karya mereka lewat ajang Presentasi Tugas Akhir. (efendimohammad@gmail.com)
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

8 Februari 2011 01.45

kegiatan seperti ini sangat bagus sekali bagi anak usia dini disamping bisa menumbuhkan mental anak dalam berbicara di depan publik secara formal, umumnya kerja otak, kreatifitas dan kinestetik anak berkembang. kegiatan seperti ini alahkan baiknya dilakukan setiap akhir pembelajaran tidak menunggu akhir tahun.

Posting Komentar

www.GuruKita.com

Test Sidebar

Label: Pendidikan
Recent Posts
Widget by: Info Blog
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SDBI Al Hikmah Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger