cinta adat nusantara


Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya suku bangsa, adat-istiadat, bahasa, makanan daerah dan lain-lain. Ada banyak cara untuk lebih dekat dengan budaya adiluhung berbagai suku di nusantara. Seperti halnya yang baru-baru ini dilaksanakan di SD Al Hikmah Surabaya. Mereka punya cara lain dalam menjunjung tinggi dan mencintai adat-istiadat dari berbagai suku bangsa di nusantara.

Sebagai salah satu kegiatan dalam tematik “Daerahku” siswa-siswi SD Al Hikmah melaksanakan kegiatan aku cinta adat nusantara. Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis (26/03) itu diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 SD Al Hikmah. Semua siswa memakai pakaian adat dari semua daerah. Ada yang berpakaian ala sakerah dari Madura, bahkan ada pula yang seperti pahlawan dari Aceh, Teuku Umar. Tidak hanya itu, acara yang diawali dengan parikan dan jula-juli suroboyoan itu juga di isi dengan festival makanan khas dari berbagai daerah dan musik adat. Setiap kelompok yang terdiri dari 4 siswa menampilkan lagu daerah dengan diiringi musik adat masing-masing.

Acara yang berlangsung meriah itu diakhiri dengan makan bersama makanan khas daerah. Lebih dari 50 jenis masakan khas daerah yang disajikan mulai dari gaplek, lemet, sampai bikang ambon tersedia. Anak-anak mencicipi satu persatu makanan itu, “tak hanya hot dog yang enak, ini juga lezat”, ungkap Amir sambil melahap lupis khas jawa timur. (bee)


Share this post :

Posting Komentar

Unit Penunjang

www.GuruKita.com

Test Sidebar

Label: Pendidikan
Recent Posts
Widget by: Info Blog
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SDBI Al Hikmah Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger